Gunung Rumput, Sambas, Kalimantan Barat

Sambas merupakan sebuah nama Kota dan Kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Sambas memiliki potensi wisata alam yang kaya akan keindahannya dan sangat cocok untuk di jadikan tempat liburan bersama keluarga maupun teman. Tidak hanya itu Sambas juga memiliki tradisi dan kebudayaan yang sangat beragam dan unik.
Sambas juga memiliki beragam suku yaitu suku Melayu, Dayak, dan Tionghoa. Bahasa yang sering digunakan oleh masyarakat Sambas adalah Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia. Sambas termasuk daerah yang memiliki pembangunan yang mulai bergerak maju dan meiliki potensi alam yang banyak, sehingga mempunya kedudukan yang srategis termasuk dalam dunia pariwisata, khusunya Kecamatan Paloh dan Kecamatana Sajingan Besar.
Kedua kecamatan tersebut berbatasan lansung dengan Negara tetangga yaitu Malaysia  sehingga cocok untuk di jadikan tempat wisata. Pengembangan yang terintegrasi dengan obyek-obyek wisata lainnya, akan menempatkan Kabupaten Sambas dalam peta parwisata provinsi Kalimantan Barat yang layak dipertimbangkan di masa yang akan datang.
Sambas dikenal dengan objek wisata alam yang sangat banyak dan indah karena disekeliling daerah ini terdapat gunung dan Bukit. Salah satu dataran tinggi berbentuk gunung yang bernama Gunung Rumput. Gunung Rumput terletak didaerah Dusun Batu Hitam, Desa Senatab, Kecamatan Sajingan Besar. Gunung ini berada di antara perbatasan Indonesia dan Malaysia.
Gunung Rumput memiliki ketinggian sekitar 1.590 meter dari permukaan air laut atau setara dengan 5217 kaki. Secara internasional Gunung Rumput bernama Mount Rumput. Gunung ini lebih tinggi dari Gunung Bawang yang terletak di Kabupaten Bengkayang yang sangat cocok untuk dijadikan destenasi bagi kalian yang suka mendaki.
Aksen jalan yang digunakan untuk menuju Gunung Rumpu ini sangatlah mudah. Jarak yang dapat kita tempuh dari ibukota provinsi adalah sekitar 299,8 kilometer dengan waktu tempuh 6 jam 45 menit saja. Sedanglkan jika kita berda di ibukota kabupaten tentu saja jarak yang kita tempuh lebih sedikit yaitu sekitar 73,,4 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 47 menit, lewat Jalan Lintas Poros Utara.
Apabila anda ingin mendaki ke Gunung Rumput anda harus mempersiapkan budget terlebih dahulu. Tidak hanya itu anda harus mempersiapkan fisik anda agar tetap selalu sehat saat melakukan perjalanan menuju ke tempat tujuan. Dan sebelum anda melakukan perjalanan sebaiknya anda mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang anda butuhkan untuk melakukan perjalanan ke Bukit Rumput agar dalam perjalanan anda bisa melakukan perjalanan dengan tenang dan nyaman. Dan jangan lupa anda bisa menggunakan pemandu wisata agar perjalanan anda nyaman saat berpetualang di Gunung rumput.

Komentar

Postingan Populer